Kejahatan di Media Sosial

Popularitas Media Sosial

Media sosial menjadi hal yang biasa akhir – akhir ini. Era teknologi saat ini berkembang begitu pesat. Banyaknya aktivitas – aktivitas yang bisa dilakukan di media sosial menjadi peluang dari segi sosial, ekonomi dan bisnis. Facebook memiliki kurang lebih 6 miliar pengguna yang terdaftar di dalam database mereka. Instagram menjadi popular karena fleksibilitasnya dan efisiensinya ketika saling berbagi foto.

Banyak orang bisa saling berbagi dan berinteraksi satu sama lain tanpa adanya batasan apapun. Kita bisa saling berbagi foto, status bahkan melakukan jual beli secara online melalui media sosial. Banyak hal – hal menguntungkan bisa dilakukan di media sosial. Namun, banyak hal – hal merugikan pula yang bisa terjadi di media sosial.

Popularitas media sosial dalam kehidupan masyarakat saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang di dunia.

 

Kejahatan di Dunia Maya

Menjadi suatu hal biasa bagi banyak orang untuk melakukan aktivitas dan berinteraksi secara online di sosial media. Bagi sebagian orang, banyak pula kejahatan yang bisa dilakukan untk mendapatkan keuntungan di media sosial. Berikut kejahatan – kejahatan yang biasa terjadi di media sosial :

  1. Pencurian Akun Sosmed
    Pencurian akun sosmed adalah hal yang paling sering terjadi di dunia maya. Namun, memang tidak sembarang orang bisa melakukan hal ini. Diperlukan keahlian dalam hal IT yang cukup baik untuk melakukannya.  Pencurian akun biasanya dilakukan pada akun – akun orang yang berpengaruh seperti pebisnis, maupun kalangan artis. Ini biasa dilakukan untuk melakukan pemerasan hingga penyebaran fitnah.
  2. Prostitusi Online
    Berdasarkan PolisiOnline.info, sebagian orang berusaha menggunakan sosial media untuk melakukan aksi bisnis haram ini dengan modus beraneka ragam. Mulai dari pengunggahan foto panas agar orang lain tertarik menggunakan jasanya, hingga menggoda orang lain dengan kata – kata rayuan agar orang tersebut terpikat dan mau menggunakan jasanya.
  3. Penipuan Berkedok Toko Online
    Penipuan dalam jual beli bukan hanya terjadi di dunia nyata. Banyak modus dilakukan oleh pelaku untuk melakukan penipuan ini. Mulai dari menjual produk bermerek dengan bahan palsu, menjual produk bermerek dengan harga sangat miring dan masih banyak lainnya.
  4. Pemerkosaan dan Penculikan
    Aksi kejahatan seperti ini tidak dapat dilakukan di media sosial, tetapi media sosial berperan sebagi perantara dalam melakukan aksi kejahatan tersebut. Modus kejahatan tersebut bervariasi, misalnya mereka menghubungi calon korbannya untuk menawarkan imbalan tertentu atau pekerjaan yang cukup bagus, sampai akhirnya pelaku dan korban bertemu di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Nah saat inilah pelaku melakukan aksinya bisa dengan menculik anda hingga memperkosa anda. Maka dari itu jangan mudah percaya dengan orang lain yang belum anda kenal dengan baik atau kalau memang ingin bertemu ajaklah keluarga atau kerabat anda untuk menemani anda, jangan sampai anda pergi seorang diri.

Author : Ahmad Bagus Aditya Chandra / 04316034

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *